bunsay · Fitrah Seksualitas · Home Edu · iip · Uncategorized

Balita dan Fitrah Seksualitas

Tiap hari ngereview itu ternyata lumayan juga ya hihi, dan sekarang giliran kelompok 9 maju untuk presentasi online dengan sub tema Balita dan Fitrah Seksualitas. Sepertinya bahasan fitrah seksualitas ini memang tidak akan pernah membosankan ya, tiap diskusi itu seruu termasuk bahasan kali ini.

Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah :

  1. adanya komunitas kesetaraan gender/feminisme dan terbukanya informasi melalui media tentang gey/lesbi/homo yang bukan lagi dianggap sebagai penyimpangan.
  2. Ketiadaan peran ayah dan ibu dalam mendidik dapat menyebabkan anak belum atau tidak jelas dalam menyatakan gender, dengan ini potensi awal homo seksual dan penyimpangan seksualitas lainnya sudah dimulai.

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan perempuan dan laki-laki, dan pendidikan fitrah seksualitas ini berbeda dengan penddikan seks dan fitrah seksualitas itu dimulai dari sejak bayi lahir. Terus bagaimana jika ada yang iseng mendandani anak laki-laki menjadi peran perempuan atau sebaliknya saat bermain? Apakah bisa mempengaruhi orientasi seksual anak? Hal ini bisa saja mempengaruhi dan bisa saja tidak berpengaruh sama sekali. Walaupun demikian, akan lebih baik jika menghindari tindakan mendandani yang tidak semestinya, karena kita tidak tahu apakah tindakan tersebut akan memicu penyimpangan pada anak ataupun tidak. Terlebih lagi bahwa agama secara jelas telah memberikan arahan bahwa tidak boleh laki-laki menyerupai perempuan, begitupun sebaliknya.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya yaitu :

  1. Membentengi anak dengan tauhid, cinta kepada Allah swt dan rosulullah saw sehingga anak akan berpegang teguh kepada qur’an dan sunnah
  2. Pendidikan melalui teladan
  3. Membersamai anak sesuai kebutuhan dan karakteristiknya.

Dan apa media edukasi untuk orang tua dan anak? Media untuk orang tua dan anak bisa dengan berkisah, bermain peran dengan anak, boneka, buku yang mengenalkan tentang gender dan anggota tubuh.

Itulah yang disampaikan oleh kelompok 9, fitrah seksualitas itu luas sekali ternyata bahasannya, jadi penasaran kelompok berikutnya dengan setiap bahasannya.

 

#fitrahseksualitas

#learningbyteaching

#bundasayangsesi11

#day2

Leave a comment